Nikson Nababan Sampaikan Terima Kasih Atas Doa, Dukungan, dan Kritik Masyarakat Selama 10 Tahun Menjabat Bupati

Perayaan HUT Tapanuli Utara ke 78 berlangsung meriah di Lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (5/10/2023).

topmetro.news – Perayaan HUT Tapanuli Utara ke 78 berlangsung meriah di Lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (5/10/2023).

Ribuan warga yang datang dari 15 kecamatan antusias mengikuti devile dipimpin camat masing-masing dengan membawa produk unggulan pertamian mereka.

Dalam kesempatan itu hadir Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Kapolda Sumatera Utara diwakili Kombes Teguh Yuswardhie SIK MH, Gubernur Sumut diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Ir Suherman MSi.

Hadir juga Bupati Taput Sarlandy Hutabarat SH MM, Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM, Wakil Ketua TP PKK Marsaulina Lumbantobing, Forkopimda Taput, Sekda Taput Dr Drs Indra SH Simaremare MSi.

Terima Kasih

“Izinkan saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Tapanuli Utara yang telah mendoakan saya, memberikan dukungan kepada saya, bahkan yang memberikan kritik dan saran kepada saya selama 10 tahun memimpin Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Nikson.

Selanjunya Bupati menjelaskan, dalam perjalanan panjang sejarah Kabupaten Tapanuli Utara, telah banyak mengalami pasang surut dari waktu ke waktu. Banyak kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan khususnya dalam kurun waktu 10 tahun ini. Ditegsskan, masih banyak hal yang pembangunannya masih perlu untuk dibenahi dalam menyelesaikan visi misi Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019- 2024 mendatang.

“Selama kepemimpinan saya di periode kedua ini, program prioritas saya adalah pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur khususnya infrastruktur jalan ke wilayah strategis. Sseperti menuju lokasi wisata dan sentra-sentra produksi, infrastruktur irigasi dalam mendukung ketahanan pangan serta pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang ada di berbagai wilayah terpencil. Program prioritas ini dilakukan karena pada periode pertama, pembangunan infrastruktur masih sangat minim dan bahkan masih terdapat desa dan dusun terpencil dan beberapa daerah terisolir yang dianggap masih tertinggal,” urainya.

Bekerja Keras

“Kami telah bekerja keras dengan sangat serius, berjuang dan bertekad meneruskan estafet perjuangan dari pendahulu kami untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara demi mencapai kesejahteraan masyarakat,” lanjut Bupati.

Ia juga menjelaskan, berbagai prestasi yang dicapai memang harus dan layak diperjuangkan untuk kepentingan bersama dan untuk mengharumkan nama Kabupaten Tapanuli Utara. Serta sebagai bentuk pencapaian atas visi dan misi Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019-2024 yaitu: Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung SDM yang berkualitas serta daerah tujuan wisata.

Tema HUT

Nikson Nababan menguraikan, Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara ke-78 tahun 2023 ini mengusung tema, ‘Mantapkan dan pastikan berkarya dan berkelanjutan’, yang dilandasi oleh budaya dan nilai kearifan lokal sebagai warisan para leluhur dan oleh semangat persaudaraan dan kebersamaan yaitu ‘Arga do bona ni pinasa. Sehingga sangat relevan dengan tema perayaan dengan harapan agar estafet kepemimpinan Nikson Nababan selama 10 tahun membangun Tapanuli Utara tidak terputus. Namun tetap dilanjutkan dengan baik oleh pemimpin berikutnya.

Disebutkan Bupati, sebagaimana diamanatkan pada UU tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, bahwa kepala daerah hasil Pilkada 2018 akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Gotong Royong

Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara. Maka pada kesempatan yang berbahagia ini, Bupati Nikson Nababan mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu, bergotong-royong. Memberikan sumbangsih, tenaga dan pikiran demi kemajuan Tapanuli Utara.

“Mari, mantapkan hati, dalam karya dan kolaborasi bersama membangun Kabupaten Tapanuli Utara berprestasi dalam segala bidang. Mari, pastikan derap langkah bersama dan sama-sama melangkah sambil bergandengan tangan. Untuk terus berkarya demi keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara,” tutup Bupati.

Momentum Introspeksi

Dalam sambutannya Gubernur Sumut mengajak seluruh lapisan masyarakat Tapanuli Utara untuk menjadikan HUT Tapanuli Utara ke-78 ini sebagai sarana introspeksi.

“Marilah kita bergandengan tangan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tapanuli Utara khususnya dan seluruh masyarakat di Sumatera Utara. Sesuai dengan tema hari jadi Kabupaten Tapanuli Utara, yakni. ‘Mantapkan dan pastikan berkarya dan berkelanjutan’, mari kita berkerja keras dan bekerja sama guna membangun kampung kita Sumatera Utara,” ujarnya.

Ada pun rangkaian acara antara lain penampilan Tortor oleh beberapa anak sekolah. Lalu parade fashion. Atraksi Paramotor FASI Tapanuli Utara. Penampilan Tari Tionghoa.

Ada juga pemberian piagam penghargaan perlombaan Bupati Tapanuli Utara, Perangkat Daerah Terinovatif dan Lomba Cerdas Cermat. Serta penyerahan bantuan alat pertanian berupa traktor dan pengolah coklat kepada kelompok tani dari Kecamatan Purba.

Pameran

Dalam kaitan HUT Pemkab Taput, berlangsung juga pameran pembangunan sejak Hari Selasa (3/10/2023) malam. Berlangsung di Kompleks Gedung Serbaguna Tarutung.

“Sesuai laporan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tapanuli Utara selaku Koordinator Pameran, bahwa pameran ini diikuti oleh 15 Kecamatan, 2 BUMN, 3 lembaga negara lainnya, 1 lembaga pendidikan, 4 perusahaan swasta, 1 perusahaan internet, 1 OPD penyelenggara pasar murah, 1 OPD pelayanan kesehatan, pelaku UKM dan koperasi produksi serta pedagang keliling. Selamat mengikuti pameran sambil bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban,” sebut Bupati.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment